STARTUP NEWS ASIA

Boosting the signal on Asia's tech news

Asia tech, March 2024
Asia tech newsletters
SharePass digital security

Hikvision luncurkan seri produk khusus dalam lini kamera DeepinView

Sederet kamera dalam Dedicated Subseries dilengkapi berbagai algoritma khusus yang bisa dipilih dan digunakan secara rahasia berdasarkan kebutuhan instalasi, lalu diganti saat kebutuhan keamanan berubah

HANGZHOU, Tiongkok, 8 Juli 2020 /PRNewswire/ — Hikvision, penyedia solusi IoT yang memiliki kompetensi utama di bidang video, hari ini meluncurkan produk terbaru dalam lini kamera DeepinView: Dedicated Subseries. Sederet produk yang pertama kali dirilis ini memuat algoritma deep learning dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), serta memberikan kinerja yang luar biasa dan tingkat harga yang terjangkau.

Hikvision Dedicated DeepinView
Hikvision Dedicated DeepinView

Fitur AI yang lebih baik

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah banyak diterapkan di sektor keamanan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kinerja chipset juga telah meningkat sehingga daya komputasi masif dapat terwujud dengan memanfaatkan beragam algoritma. Kinerja tersebut turut berkontribusi terhadap fungsionalitas multi-intelligence dan akurasi yang lebih baik. Kamera Dedicated Subseries terbaru dalam lini DeepinView menjadi contoh dari sejumlah perkembangan ini, yakni memanfaatkan beberapa algoritma deep learning dengan dukungan AI dalam satu unit. Lebih lagi, sejumlah algoritma bisa diganti-ganti guna menampung lima atau enam kamera berbeda dalam satu boks (housing).

"Sejumlah algoritma bawaan yang dapat diganti-ganti menjadi langkah penting dari Hikvision dalam pengembangan produk AI. Di tengah perubahan yang terus terjadi pada sejumlah teknologi dan fitur, pendekatan ini menghasilkan nilai tambah terbaik bagi pengguna akhir. Dengan demikian, mereka dapat mencoba teknologi baru demi menjamin keamanan, serta menerapkan business intelligence dan beberapa aplikasi lain," jelas Frank Zhang, PresidentInternational Product and Solution Center, Hikvision. "Banyak keunggulan yang ditawarkan produk terbaru kami, termasuk biaya yang lebih rendah, efisiensi yang lebih baik, serta respons atas insiden yang lebih cepat dan efektif."

Algoritma yang bisa diganti-ganti (switchable algorithm)

Kamera Dedicated DeepinView menggabungkan dua kategori produk—pertama, analisis kendaraan (vehicle analysis) dengan fitur automatic number plate recognition (ANPR) dan vehicle attribute recognition. Kamera ini bisa mengenali beberapa ciri kendaraan, termasuk merek, warna, dan arah gerakan. Kamera tersebut lazim dipakai di pos-pos pengecekan di jalanan perkotaan, serta pintu masuk dan keluar di sejumlah gedung atau kawasan industri.

Model kamera pada kategori kedua memiliki enam algoritma deep learning yang bisa diganti-ganti dalam satu boks (housing), termasuk facial recognition, face counting, hard hat detection, perimeter protection, queue management, serta multiple-target-type detection (mendeteksi berbagai target dan beraneka ragam jenis target secara sekaligus). Dengan demikian, pengguna mudah mengaktifkan algoritma secara manual untuk kasus penggunaan tertentu, lalu menggantinya jika diperlukan.

Salah satu contoh: hard hat detection. Algoritma ini dapat dipakai di lokasi konstruksi guna menjamin keselamatan kerja dan kepatuhan standar kerja. Sejumlah kamera DeepinView dengan fitur khusus bisa mengenali pekerja yang mengenakan atau tidak mengenakan helm proyek (hard hat). Lalu, kamera secara otomatis memberikan peringatan saat pelanggaran atas standar keselamatan kerja terdeteksi. 

Contoh lain: di gerai ritel, fitur face-counting bisa dimanfaatkan untuk menghitung dengan cermat jumlah pelanggan yang memasuki dan meninggalkan gerai. Pelanggan rutin dan staf toko secara otomatis dapat dikecualikan dalam proses penghitungan tersebut. Hasilnya, manajer toko mampu menghitung jumlah pelanggan baru dengan teliti.

Dengan fleksibilitas yang ditawarkan, beberapa algoritma lain yang dapat diganti-ganti oleh pengguna:

Perimeter protection – untuk memantau area di luar ruang yang memerlukan penjagaan dan mengaktifkan alarm ketika penyusupan terjadi.

Facial recognition – untuk memberikan akses resmi ke area-area terbatas di beragam lembaga, seperti laboratorium sekolah, ruang arsip, serta apotek di rumah sakit.

Queue management – untuk memahami waktu tunggu pelanggan dengan lebih baik, mengoptimalkan kerja pegawai, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Kejernihan HD, baik di siang dan malam hari

Dilengkapi teknologi DarkFighter dan LightFighter dari Hikvision, kamera-kamera ini menangkap gambar-gambar yang jernih dan berwarna di tengah kondisi yang sangat gelap, atau backlighting terang yang sangat mempersulit keseimbangan warna dan kecerahan gambar. Moda Smooth Streaming juga menjamin live feed bermutu tinggi.

Kamera-kamera Dedicated DeepinView tersedia dalam resolusi 2, 4, 8, dan 12 MP.

Fitur-fitur yang lebih praktis dan mudah digunakan

Lebih lagi, metadata turut tersedia agar sejumlah platform pihak ketiga bisa menerima data dari kamera-kamera Hikvision untuk melakukan kajian video secara seketika (real-time video analysis), atau direkam dalam bentuk arsip tayangan sehingga mempercepat pencarian bukti forensik.

Terakhir, model-model kamera tersebut juga menawarkan Vibration Detection untuk penggunaan di luar ruang. Fitur ini dapat mendeteksi dan menginformasikan pengguna ketika aksi vandalisme terjadi.

Informasi lebih lanjut

Untuk informasi lebih lanjut tentang kamera-kamera Hikvision Dedicated DeepinView terbaru, silahkan mengunjungi https://www.hikvision.com/en/products/IP-Products/Network-Cameras/DeepinView-Series/, kata kunci (keyword): 7 series.

Next Post

Critical technologies, Quarterly - Q4 2023

© 2024 STARTUP NEWS ASIA by Wade K Wright / Asia's tech news weekly

Theme by Anders Norén